[KUMCER-REVIEW] AUTUMN ONCE MORE

Sudah lama nih nggk baca kumcer. Terakhir kali kalo nggk salah waktu SMA deh, kalau baca cerpen di majalah si sering, akhir-akhir ini malah pengen lagi baca cerpen. Hal yang menarik dari cerpen tuh tidak terlalu banyak konflik, sederhana dan klimaks. Menurut aku lebih sulit menulis cerpen dibandingkan novel, bahkan nulis flash fiction 100 kata aja susahnya minta ampun dah.

Ceritanya lagi cari novel, eh nemu kumcer metropop “Autumn Once More” nggk pake mikir lama langsung beli, ya, novel yang aku cari juga nggk ada si, daripada uangnya masuk kantong dan bisa kepake hal lain mendingan beliin kumcer deh. Yukkk…. ah lihat isinya.

_____________ SINOPSIS ____________

Cinta <adj>: suka sekali; sayang benar; kasih sekali; terpikat.

Ada bahagia dan kepedihan dalam cinta. Cinta yang terpendam menimbulkan resah, pengkhianatan pun tak lepas dari cinta, atau bahkan cinta berlebihan sehingga menyesakkan. Galau dan rindu pun dituturkan dalam ribuan kata di buku ini.

AUTUMN ONCE MORE membawa kita kebanyak sisi cinta dari kumpulan pengarang, mulai dari pengarang professional hingga editor yang harus jadi pengarang “ddakan” dan menunjukan kreativitas mereka dalam tema abadi sepanjang masa.

Inilah tumpahan rasa dan obsesi karya aliaZalea, Anastasia Aemilia, Christina Juzwar, Harriska Adiati, Hetih Rusli, Ika Natassa, Ilana Tan, Lea Agustina Citra, Meilia Kusumadewi, Nina Addison, Nina Andiana, Rosi L. Simamoria, dan Shandy Tan.



Judul : Autumn once more-kumpulan cerpen metropop
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2013
Halaman : 232 hal
Isbn : 978-979-22-9471-2

_____________ REVIEW ____________

Aku jatuh cinta dengan covernya, simple tapi sedap dipandang dan sesuai judulnya isi kumcer ini mengangkat cerita cinta. Karena ini kumcer tentu saja aku tidak dapat menebak isi ceritanya, aku biarkan isi kepalaku kosong. Yes, I love this kumcer. Cerita yang disuguhkan sangat memukai, sampai aku berbunga-bunga, tapi ada juga cerita sedih dan ada kisah yang hampir mirip pernah aku alami.

Kumcer ini terdiri dari 13 judul dari ketiga belas pengarang yang berbeda. Ceritanya pun bervariasi dari patah hati, stalker orang yang disukai, jatuh cinta sama sahabat sendiri, menjadi alim karena jatuh cinta sama anak pak haji, cinta yang datang terlambat, cinta yang tak terucap dan kisah cinta lainnya yang menggugah hati.

Kisah yang paling aku suka adalah sebuah kisah sederhana, tidak ada kesan romantis, namun twist endingnya membuat hatiku berdecak kagum yaitu karya mba Ika Natassa yang berjudul Critical Eleven mengisahkan tentang si tokoh aku yang menemukan jodohnya di pesawat. Jodoh memang siapa yang tahu datangnya dimana, kapan dan siapa.

"Satu menit tetap senilai enam puluh detik, namun lamanya satu menit itu berbeda bagi orang yang sedang sesak napas dan kena serangan asma dengan yang sedang dimabuk cinta. (Hal. 97)

Sedangkan kedua kisah berikut ini, berbeda dengan kisah yang lainnya. The Unexpected Surprise karya mba Nina Andiana ini mengisahkan cinta seorang ibu terhadap anaknya. Konfliknya pun terasa nyata. Sedangkan cerpen garapan mas Shandy Tan yang berjudul Cinta 2 x 24 jam ini, mengambil PoV yang sangat unik, sampai akhir aku masih bingung aku ini siapa tetapi pas endingnya, mataku terbelalak selain si cowok tampan yang banyak dikagumi ini ternyata seorang gay dan si aku yang layu harus masuk tong sampah. Ternyata PoV nya ini bukan manusia, melainkan sang bunga. Jleb banget twist endingnya.

Dari setiap cerita selalu ada pesan yang tersimpan, dan ke tiga belas cerpen ini membuat kita selalu teringat bahwa cinta itu bukan sekedar patah hati, move on, jatuh cinta lagi, namun masih banyak hal lainnya yang dapat memberikan warna baik itu warna terang maupun pudar.

"Di ujung hujan itu aku menemukan seorang lelaki, dan di tangannya tersemat bagiku sebentuk pelangi yang sangat indah, mungkin lebih indah dari pelangi pertama.'' Hal. 216 _Rosi L Simamora

_____________ RATING ____________

Untuk kumcer ini aku kasih 4 bintang.  

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!